Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat Didunia



Membandingkan penduduk dari kota-kota terbesar di dunia bisa menjadi tugas yang sangat membingungkan, sebagai definisi dari sebuah kota untuk pertimbangan sensus dapat bervariasi dari satu bangsa yang lain.Di Amerika Serikat, misalnya, penduduk kota mencakup hanya mereka yang tinggal di dalam batas-batas politik. Di negara lain, sebuah kota di pinggiran dan penduduk pedesaan dipinggiran daerah juga dapat dimasukkan dalam angka sensus.

Daftar berikut berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Divisi Statistik Penduduk Kota dari Database. Selain penduduk kota masing-masing angka (mengenai batas-batas politik), angka untuk wilayah metropolitan atau “agglomerations perkotaan” juga disertakan.

1.Seoul,Korea selatan

jumlah penduduk 10,321,449 orang
Seoul adalah Ibukota Korea Selatan dan pernah menjadi ibukota kuno dari Kerajaan Baekje(18 SM – 660 M), Seoul secara harfiah berarti “modal” dalam bahasa Korea.

kota Metropolitan Seoul, dengan sekitar 20.7 juta orang, adalah kota metropolitan terbesar keempat didunia , tepat di belakang Yokohama, Mexico City dan Sao Paulo.

2.Mumbai, India – jumlah penduduk 9,900,000 orang

Dikenal sebagai Bombay sampai saat ini, kota terbesar di India mempunyai populasi penduduk 9,9 juta. Didirikan oleh para pedagang Portugis pada 1530-an, penduduk kota tumbuh dengan pesat setelah pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869.

Dinamai Mumbadevi, seorang dewi dari penduduk asli, Bombay resmi menjadi Mumbai pada tahun 1996. Daerah metropolitannya dihuni 14,5 juta penduduk, peringkat 6 sebagai kota metropolitan terpadat didunia.

3.Sao Paulo, Brazil – jumlah penduduk 9,839,436 orang

Didirikan pada tahun 1554 oleh misionaris Yesuit Portugis, Sao Paulo telah berevolusi menjadi terbesar di Amerika Selatan kota, dengan lebih dari 9.8 juta penduduk. Tetap sebuah kota kecil sampai pertengahan abad ke-19, saat menjadi kepala pusat komersial di industri kopi Brasil.

Saat ini, termasuk daerah pinggiran kota terpencil dan daerah pedesaan, pusat kota ini adalah rumah bagi sekitar 23.7 juta jiwa.

4.Jakarta, Indonesia – jumlah penduduk 9,373,900 orang

Ibu kota keempat di dunia negara berpenduduk paling padat, wilayah metropolitan Jakarta adalah rumah bagi lebih dari 12 juta penduduk.

Beberapa daya tarik modern kota ini termasuk Kebun Binatang Ragunan, yang diletakkan dalam pengaturan tropis, dan Taman Impian Jaya Ancol, Indonesia jawaban ke Disneyland.

5.Moscow, Russia – jumlah penduduk 9,000,000 orang

Ibukota Rusia dan salah satu kota terbesar di Eropa, Moskow memiliki populasi 9 juta. Salah satu kota tua di daftar ini, Moskow disebutkan dalam teks-teks tanggal sejauh 1147.

Dengan hampir 2 juta lebih penduduk yang tinggal di luar kota, daerah metropolitannya terdiri dari hanya di bawah 11 juta orang.

Moskow menjadi kota Rusia yang paling kuat pada akhir abad ke-15, sisa ibukota Kekaisaran sampai dipindahkan ke St Petersburg pada 1712. Setelah Revolusi Bolshevik, Moskow kembali menjadi ibu kota pada 1918.

6.Mexico City, Mexico – app. 8,591,309

Sebagai sebuah kota, Meksiko peringkat 6 dalam hal populasi, dengan hampir 8,6 juta jiwa. Ini juga peringkat sebagai kota terbesar di Amerika Utara.

Sebagai wilayah perkotaan, itu angka di belakang Tokyo di # 2, dengan jumlah yang mengejutkan 26 juta orang yang tinggal di dan di sekitar ibukota Meksiko.

Menurut legenda, didirikan Aztec Tenochtitln, ibukota kerajaan mereka yang luas, tahun 1325. Penjelajah Spanyol Hernando Cortes menaklukkan daerah pada tahun 1521, dan itu menjadi ibu kota koloni Spanyol di Amerika. Mexico City telah menjadi ibukota Meksiko karena merdeka dari Spanyol pada 1821. Hari ini, pengunjung dapat mendapatkan rasa musik tradisional Meksiko di Plaza Garibaldi, di mana band-band mariachi berkumpul untuk pertunjukan setiap malam.

7.Shanghai, China – app. 8,205,598

Kota terbesar di dunia negara yang paling padat penduduknya, Shanghai membanggakan populasi 8,2 juta. The Huangpu dan sungai Yangtze bertemu dan bermuara di Laut Cina Timur di sebelah utara kota, membuatnya menjadi salah satu pelabuhan laut terbesar di dunia.

Dimulai pada tahun 1842, Barat menyerbu ke dalam kota setelah Inggris Cina dipaksa untuk membuka pelabuhan bagi perdagangan luar negeri. Area metropolitannya 13 juta termasuk penyelesaian cina asli di selatan, yang lama bagian asing di utara, dan daerah pinggiran kota yang terpencil.

Rekonstruksi utama kota ini sekarang berlangsung, yang tujuan untuk mengubah kontemporer Shanghai menjadi salah satu permata dari Timur.

8.Tokyo, Japan – app. 8,021,943

lebih dari 8 juta,menempatkan jepang hanya diperingkat 8 adalah tepat, konglomerasi metropolitan Tokyo-Yokohama merupakan wilayah urban terbesar di dunia.

Yang luar biasa 29,4 juta orang berdesakan dalam area yang lebih kecil dari negara bagian Rhode Island (1.000 mil persegi).

Didirikan sebagai Edo di abad ke-12, kota yg besar sekali akhir ini mengandung sedikit bukti dari masa lalu. Bencana alam, perang, dan keinginan untuk modernisasi telah menghancurkan sebagian besar bangunan tua. Tokyo adalah hutan beton pencakar langit dan lampu-lampu neon, dengan ruang pribadi hampir tidak ada.

9.Istanbul, Turkey – app. 7,774,169

Terletak sebagian di Eropa dan sebagian di Asia, kota pelabuhan ini adalah rumah bagi sekitar 7,8 juta penduduk. Sekitar tiga perempat dari penduduk tinggal di sisi Eropa.

Didirikan di 600s B.C. oleh koloni Yunani, kota ini bernama Bizantium. Ia kemudian dinamakan Konstantinopel pada 330 AD, untuk menghormati Kaisar Romawi Konstantin I. Menyusul penaklukan oleh Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453, kota ini sekali lagi berganti nama, dan tetap Istanbul untuk hari ini. Metropolitan Istanbul 8,3 juta penduduk menikmati keindahan dunia kuno menyatu dengan daya tarik modern.

10.New York City, United States – app. 7,362,600

Big Apple’s lima distrik (Manhattan, Brooklyn, Queens, Bronx, dan Staten Island) adalah rumah bagi lebih dari 7,3 juta penduduk New York, menjadikannya kota terbesar ketiga di dunia negara berpenduduk paling padat.

Didirikan tahun 1625, dan dimasukkan sebagai sebuah kota di 1653, kota yg besar sekali ini telah berkembang lebih dari empat abad untuk menjadi pusat kota terbesar kelima di planet ini. Daerah metropolitan yang dikonsolidasikan, termasuk bagian dari New Jersey, Connecticut dan Pennsylvania, memiliki lebih dari 19,5 juta jiwa.

Peristiwa-peristiwa 11 September mungkin telah terguncang kota yang tidak pernah tidur, tapi kerumunan pengunjung terus berduyun-duyun ke kota yang terkenal dengan arsitektur, museum dan kehidupan malam.

http://bughisy-anda.blogspot.com/2010/03/top-10-kota-dengan-penduduk-terpadat.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: