8 Cara Yang Tak Lazim Dilakukan Untuk Menghentikan Kecanduan Merokok



Untuk menghentikan kebiasaan merokok bukanlah perkara yang mudah dilakukan.Tapi tidak sedikit pula orang yang sudah kecanduan rokok bertahun-tahun, bisa melepaskan diri dari kebiasaan merokok. Banyak pula yang harus jatuh bangun untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Biasanya seorang pecandu rokok akan mulai sadar dan mulai menghentikan kebiasaan merokok bila sudah terkena penyakit, misalnya penyakit jantung ataupun penyakit lainnya.

Segala cara dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Kadangkala harus melakukan cara yang tidak lazim dilakukan. Seperti yang dituturkan oleh beberapa warga Amerika ini yang dulunya mereka adalah perokok berat. Mereka melakukan apa saja agar dapat melepaskan diri dari kebiasaan merokok. Silakan disimak pengalaman mereka dan siapa tahu cara-cara mereka memberi inspirasi kepada anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.

1. Mengubur rokok
“Aku pernah membungkus beberapa pak rokok dalam sebuah tas plastik dan menguburnya di suatu pot bunga di belakang rumah. Ketika saya harus menggalinya lagi, peraslah rokok itu dan dan kubur lagi kemasan rokok itu setiap kali saya ingin merokok. Itulah pengalaman 18 -tahun yang lalu!” (Pat Owens, Valley Stream, NY)

2. Bertaruh demi hadiah
“Saya berhenti merokok pada Februari 2002. Teman saya bertaruh bahwa saya tak bisa meninggalkan rokok dan saya menerima taruhan itu. Taruhannya adalah saya harus puasa merokok selama bulan dan jika sanggup, saya ditraktir makan steak di Brooklyn. Kisah lucunya adalah, butuh waktu lama untuk mendapat traktiran itu, bahkan sampai sembilan bulan!” (Eric Katzman, Queens, NY)

3. Membayar denda
“Dua dari sahabat saya setuju untuk berhenti merokok atau membayar orang lain 1.000 dollar jika mereka tidak bisa. Jujurlah, kompetitif, dan bangkrut, itu akan berhasil! Sejak saat itu, tak satu pun dari dua sahabat saya yang merokok,” (Mikropon P., Newport, RI).

4. Bunuh kecanduan
“Sepupuku sudah merokok selama 20 tahun. Dia berhenti dengan cara yang unik. Ia awalnya makan biskuit Milkbone untuk anjing! Dia mengunyahnya untuk membunuh kecanduan dan dia berhenti.” (Chris T., New York, NY)

5. Buat perjanjian
“Sebagai kompensasi atas mahalnya biaya menghentikan kebiasaan membeli rokok tiap hari, saya buat perjanjian dengan diri bahwa saya akan bebas kapan saja untuk membeli karcis lotere, tanpa merasa bersalah. Sejak saat itu, saya belum pernah merokok lagi selama 25 tahun lamanya, dan merasa nyaman untuk mengatakan saya tidak pernah akan melakukannya. Saya ingin katakan bahwa di antara salah satu karcis lotere itu berhadiah sejuta dolar, tetapi itu tidak pernah terjadi — paling tidak belum!” (Liz Rubin, Potomac Utara, Milidarcy)

6. Minum ramuan baking soda
“Saya membaca sebuah artikel di surat kabar mengutip seorang dokter yang ingin berhenti merokok. Campurlah sesendok makan baking soda dengan segelas air dan lalu minumanlah dua kali sehari untuk seminggu pertama. Lalu sekali sehari untuk seminggu kedua. Saya tadinya merokok satu pak atau sekitar 30 batang rokok sehari. Saya minum dua gelas pada hari Minggu dan Senin. Rasanya seperti Alka-Seltzer (semacam vitamin C). Pada Minggu dan Senin, saya mengisap dua batang rokok. Pada Selasa saya hanya mengisap sebatang rokok dan lalu berhenti sama sekali. Saya teruskan ramuan baking soda itu sampai seminggu. Saya bahkan tak berpikir untuk meneruskannya hingga minggu kedua. Saya sudah berhenti rokok selama 20 tahun.” (Joanne Fanizza, Farmingdale, NY )

7. Menghipnotis diri sendiri
“Saya adalah psikolog di New Jersey. Pada 1976 lalu, saya sudah meraih gelar doktor, menjalani pelatihan hipnosis, dan mengisap sebungkus rokok setiap hari. Pada pesta Tahun Baru, seorang teman meminta saya menunjukkan ketrampilan hipnosis saya agar bisa membantunya berhenti merokok. Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam, di mana dia dalam kondisi tak sadar. Sepekan kemudian, teman saya berbicara di telepon, dan dia sedang merokok. Di saat itu saya tersadar kalau saya tidak merokok selama minggu terakhir. Saya telah menghipnotis diri saya! Sekali dua kali keinginan merokok pernah muncul lagi, tapi sekarang saya bahkan tak pernah memiikirkannya lagi; Saya tak pernah lagi mengisap rokok lebih dari 30 tahun.” (Sheila Sidney Bender, PhD, Florham Park, NJ )

8. Mulailah dari yang kecil
” Saya buat perjanjian dengan diri saya, maka saya bisa berhenti. Saya tak bisa mengisap sebatang rokok seminggu jika langsung menghentikan kebiasaan merokok sebungkus. Musim panas lalu, saya hanya yang mengisap dua batang rokok dan selama musim gugur, saya tak merokok sama sekali. Saya kira, sudah selesai!” (Kevin Gerard Kilpatrick, San Diego )

[http://www.blogpopuler.com]

3 Responses

  1. boleh juga ini tipsnya … mampir ke blog saya ya

  2. tips lainnya dari sepupu saya:
    taruhlah rokok di ketiak anda, jadi ketika ingin merokok anda sudah kehilangan minat. tapi efek sampingnya menimbulkan ketagihan yg baru: menaruh rokok di ketiak.. lol😀

  3. Jgn smpe seluruh dunia telanjang, kaya sdh mendekati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: