Gedung Ditembus Jalan Tol



Pembangunan Gedung Fukushima-ku 16 lantai, sungguh luar biasa. Bukan hanya arsitektur bangunannya yang futuristic, tapi perancangan jalan raya yang melintasi lantai 5-7 gedung ini yang bikin public internasional terkesima. Bayangin, lantai 5-7 gedung seperti terowongan yang ditembus Hanshin Expressway, jalan raya utama sepanjang 239 km, yang melintasi Osaka, Kobe hingga Kyoto.

Mungkin kalau anda melihat gambar-gambar ini bisa lebih terkesima lagi. Betapa luar biasanya Jepang dan teknologinya. Gedung Fukushima-ku sendiri berada di Osaka. Ini adalah gedung pertama (mungkin di dunia) di Jepang yang terintegrasi dengan jalan raya utama pada lantai 5-7.


Namanya jalan umum utama, maka sudah pasti kendaraan yang lewat pun bersifat umum. Di depan lantai 5-7, jalan Hanshin Expressway akan bercabang melewati dalam lantai 5-7 atau jalur kanan di sisi lantai 5-7 Fukushima-ku, tergantung arah yang dituju. Maklum, jalan raya ini melintasi antar-kota yakni Osaka, Kobe hingga Kyoto dengan panjang 239,3 km.


Tentu bisa dibayangkan, betapa rumitnya pembangunan gedung yang terintegrasi dengan jalan umum. Yang juga menjadi perhitungan adalah getaran yang ditimbulkan. Tapi teknologi Jepang sudah menemukan solusinya, sehingga gedung itu dapat bertahan dari setiap getaran dan bunyi-bunyian (deruan) kendaraan yang lalu lalang.



Umumnya jalur ekspress di bangun di bawah tanah, karenanya, adanya jalan ekspres bisa ‘menembus’ gedung bertingkat merupakan suatu kejadian langka. Tahun 1983, sebenarnya rencana pembangunan jalan di atas sudah diajukan, namun izin itu ditolak karena pembangunan jalan raya ekspress itu dirancang dibangun di tempat lain. Masalah lainnya, pemilik tanah menolak menjual tanah mereka-mungkin soal ganti rugi. Negosiasi dengan pihak Hanshin Expressway berjalan alot, sampai lima tahun, untuk akhirnya mendapat kata sepakat.

[kaskus.us]

Advertisements

2 Responses

  1. Bro ngak suka ikut kontes SEO astagacom ya. situsku kaosweb44, masih nongkrong di hal 3, doain donk + minta ilmunya. Mas Mdro udah PR 5 keren euy…kaosweb44ku PR 4..beda dikit, he..he

  2. pasti masalah utama di jepang kurangnya lahan sampe di buat kayak gitu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: