Meteor Hantam Bumi di 2012? Ini Jawaban NASA [Part 2]


alamakon

Adegan kehancuran bumi dalam Film ‘2012’ menerbitkan tanda tanya, benarkah kiamat akan terjadi pada 2012, berdasarkan teori bahwa akhir kalender Bangsa Maya juga berarti akhir dunia.

Berbagai spekulasi penyebab kiamat muncul. Ada yang kabar yang mengatakan kiamat akan terjadi saat Planet Nibiru, Planet X, atau Planet Eris mendekat lalu menabrak bumi.

Ada juga yang isu yang berhembus bahwa kiamat disebabkan badai matahari hingga tabrakan meteor yang terjadi tahun 2012. Benarkah demikian?

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) lantas angkat bicara, mengklarifikasi banyak isu tak bertanggung jawab yang beredar, khususnya soal kiamat di 2012.

Berikut jawaban ilmiah para ilmuwan NASA:

T: Apakah akan ada meteor raksasa yang menghantam bumi pada 2012?

J: Bumi selalu jadi objek tubrukan komet dan asteroid, meski jarang sekali terjadi tubrukan besar. Tabrakan dahsyat terakhir terjadi 65 juta tahun lalu, hingga menyebabkan kepunahan spesies Dinosaurus.

Saat ini, para astronom NASA sedang mengadakan penelitian dalam proyek ‘Spaceguard Survey’ untuk melacak asteroid-asteroid besar, jauh sebelum benda langit itu berpotensi menabrak bumi.

Kami sudah mengungkapkan bahwa tak ada ancaman asteroid, sebesar ancaman asteroid yang telah memusnahkan dinosaurus.

Semua hasil kajian ini sudah dibuka untuk umum di laman Neo Program NASA, jadi Anda bisa melihat sendiri bahwa tidak ada benda langit yang diprediksikan menabrak bumi pada 2012.

T: Bagaimana dengan badai matahari besar yang diprediksi terjadi pada 2012?

J: Aktivitas matahari berlangsung secara reguler, puncaknya kira-kira setiap 11 tahun. Makin dekat ke puncak, badai matahari dapat mengakibatkan gangguan sistem komunikasi satelit.

Para ahli teknik saat ini mempelajari bagainama menciptakan alat elektronik anti fenomena badai matahari.

Namun, sekali lagi, tak ada resiko badai matahari yang ada hubungannya dengan 2012.

Puncak badai matahari diperkirakan terjadi pada 2012-2014, namun tak ada yang spesial, diperkirakan yang akan terjadi saat itu sama dengan fenomena serupa yang pernah terjadi dalam sejarah.

T: Apa pendapat para ahli NASA soal klaim kiamat 2012?

J: Terhadap klaim soal bencana dahsyat atau perubahan drastis pada 2012, kami menanyakan, dimana dasar ilmiahnya? Mana buktinya? Tak ada sama sekali.

Kami tak bisa dengan mudah mengubah kepercayaan orang terhadap informasi fiksi soal hari akhir bumi, apakah itu berdasarkan buku, film, film dokumenter, atau internet.

Namun, yang pasti, tak ada bukti terpercaya yang mendukung teori bahwa kiamat akan terjadi pada Desember 2012.

2012

Mitos Kiamat 2012 dan Badai Matahari

Melalui film berjudul ‘2012’, sutradara Hollywood, Roland Emmerich, kembali mempopulerkan ramalan bangsa Maya kuno tentang akhir zaman yang jatuh pada 2012. Tanggal 21 Desember 2012 merupakan akhir penanggalan kalender bangsa itu.

Sang sutradara menafsirkan ramalan bangsa Maya itu sebagai kiamat. Dan, mitos mengenai kiamat pada 2012 itu menguat setelah sejumlah ilmuwan mengungkap ancaman badai matahari yang berpotensi menghancurkan bumi pada 2012.

Berdasar penelitian National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), yang disponsori lembaga antasariksa Amerika Serikat, NASA, badai matahari terjadi ketika muncul flare atau ledakan besar di atmosfer matahari dengan daya supertinggi.

Badai matahari bisa menyebabkan lonjatan tenaga lisrik hingga miliaran watt. Bila sampai ke bumi, pancarannya akan mempengaruhi medan magnet bumi yang selanjutnya berdampak pada sistem satelit, listrik, dan frekuensi radio. Bumi terancam kehilangan daya listrik.

Badai matahari merupakan siklus biasa yang terjadi setiap 11 tahun. Namun, siklus itu diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 2012-2013. Badai matahari pernah melanda bumi pada 1 September 1859. Namun, kala itu tak terlalu berdampak karena kehidupan di masa itu belum ditopang listrik.

Berdasar prediksi tersebut, sejumlah badan antariksa telah berupaya menyiapkan sejumlah strategi menghadapi badai matahari. Strategi untuk mengantisipasi hilangnya daya listrik, satelit, dan frekuensi radio yang menopang kehidupan masyarakat modern masa kini.

[vivanews.com]

Advertisements

6 Responses

  1. Buat yang penasaran lihat film 2012 we were warned,dan belum sempet ke bioskop atau belum ada duit buat nonton,silakan di donlot walaupun masih CAM quality tp dah lumayan bagus,dari pada penasaran 😀
    http://razka96.wordpress.com/2009/11/14/film-2013-we-were-warned/

  2. Mmmm… Jangan2 isu ini utk dongkrak filem doang…. Btw tu filem suck! lebay…. Hehe 😛

  3. hmm.. semoga enggak bakal terjadi.

  4. han kur………………………………………….,kiamat 20012 cuma gosip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: