Pengamat Politik : SBY Punya Rencana Tersembunyi Yang Berbahaya??


INDONESIA-POLITICS-VOTEPengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens menilai ada rencana tersembunyi yang berbahaya terkait pemilihan orang-orang yang kontroversial dalam kabinet 2009-2014. Rencana itu menurut Boni, bisa terkait dengan pencitraan SBY setelah 2014.

“Nampaknya SBY memilih orang-orang yang tidak kredibel atau ada yang kredibel namun ditempatkan di tempat yang sama sekali bukan bidangnya itu bertujuan agar dirinya tetap menjadi yang terbaik di antara bawahannya,” papar Boni di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/10/2009).

Dengan begitu, sambung dia, maka pada 2014 nanti ada opini yang akan dikembangkan bahwa tidak ada anak bangsa yang lebih baik daripada SBY.

“Kepemimpinannya juga harus dilanjutkan pasca 2014 melalui amandemen kelima UUD 45,” ujar Boni.

Boni mencontohkan, ada tiga orang dari parpol dalam pemilu lalu yang gagal menjadi anggota DPR dan DPD. “Orang-orang yang tidak diinginkan rakyat ini diangkatnya menjadi menteri,” kata dia.

SBY, imbuh dia, tahu persis bahwa dengan memiliki bawahan-bawahan berkemampuan standar, maka dirinya saja yang bisa eksis dan dihormati sebagai pemimpin yang terbaik.

“Tengok saja ada Patrialis Akbar yang gagal menjadi anggota DPD, kemudian diplot menjadi menkum HAM. Terus ada Agung Laksono yang diangkat menjadi Menko Kesra. Ini kan aneh, orang yang gak disukai oleh rakyat disuruh ngurusin rakyat. Terus ada juga Wasekjen PKB, Helmy Faishal yang juga tidak terpilih pada pemilu lalu dan tidak jelas track recordnya, juga diangkat jadi menteri,” tambah Boni.

SBY kelihatannya tahu persis peta kader-kader potensial dari partai pendukung, sehingga hanya orang-orang “kacangan” yang diambil oleh SBY dan bukan kader terbaik partai. Boni pun menyayangkan sikap para petinggi partai yang tidak menyadari hal ini dan menjadi pion yang dimainkan tanpa sadar.

“Lihat saja ada banyak nama di tubuh PKS yang lebih memiliki kapasitas sebagai menteri dengan latar belakang pendidikan yang tinggi serta dari kalangan generasi muda, tapi ini tidak dilirik kan oleh SBY. SBY justru mengambil yang tua-tua karena yang tua-tua ini tidak akan menjadi saingannya kelak. Itu baru PKS, belum lagi dengan PKB, PAN, PPP serta Golkar yang terakhir. Seluruh kader yang diambil oleh SBY bukanlah kader terbaik,” imbuhnya.

Di kalangan internal PD atau para pendukung SBY pun sama. SBY menganggap kader terbaik dari Partai Demokrat akan berbahaya dan mengalahkan SBY jika diberi pos yang strategis.

“Contohnya adalah Andi Malarangeng yang ditempatkan menjadi Menteri Pemuda dan Olah Raga. SBY tahu dia harus memberi jatah bagi Andi, namun jatah itu janganlah posisi yang bisa membuatnya bersinar. Maka diletakkan lah Andi di Menpora, jadi hutangnya pada Andi lunas, sekaligus meredupkan sinar Andi. Kalau SBY memang mau menjadikan Andi salah satu tokoh, kan mestinya dia ditempatkan di posisi yang lebih pas, sebagai Mensesneg ataupun Sekab karena dia juga sudah berpengalaman di sana,” tegasnya.

Nasib serupa juga menimpa kedua adik Andi Mallarangeng. SBY membuat mereka seperti tokoh-tokoh politik yang dibenci rakyat, sehingga mereka yang dikenal sebagai pengkhianat ulung semakin dibenci oleh rakyat dan tidak mungkin bisa berkiprah jika tidak berada dibawah ketiak SBY.

SBY juga cerdas dalam berstrategi untuk menempatkan orang-orang tua di sekitarnya. “Dia jadikan Djoko Suyanto menjadi Menko Polhukam. Dia tahu nasib dan popularitas Djoko tidak akan jauh berbeda dengan Widodo AS yang redup begitu selesai menjabat. Jadi tidak mungkin Djoko kemudian menjadi saingannya kelak. Begitu juga Hatta Rajasa yang orang teknis. Jika dia ditempatkan di bidang teknis tentunya dia akan berkibar juga. Namun dia justru ditempatkan sebagai Menko Perekonomian, di mana dia tidak bisa bekerja maksimal,” paparnya.

Boni pun berani bertaruh, mantan ketua dewan pakar tim sukses SBY-Boediono yang juga pengamat politik yang cemerlang Bima Arya Sugiarto tidak akan mendapatkan porsi apapun dalam kabinet mendatang.

“Banyak orang mengira bahwa Bima akan ditempatkan menjadi juru bicara presiden karena penampilannya yang menarik, cerdas, lulusan luar negeri, dan santun dalam berbicara, tapi saya bertaruh justru karena kelebihan-kelebihannya itu Bima tidak akan mendapatkan posisi itu.

Jika Bima ditempatkan di posisi itu, maka akan berkibar kariernya dan itu yang tidak diingikan oleh SBY,” jelasnya.

Analisa lainnya menurut Boni, juga bisa dilihat dari dukungan kepada orang-orang yang menjadi ketua lembaga tinggi Negara seperti MPR, DPD, dan bahkan pada Partai Golkar. “MPR kita tahu TK melakukan blunder ketika menjadi ketua MPR, ini diketahui persis oleh SBY dan TK pun kemudian menjadi bulan-bulanan. Demikian juga dengan ketua DPD yang tidak akan bersinar dan biasa-biasa saja,” kata dia.

Sementara untuk Golkar, SBY lebih mendukung Aburizal Bakrie yang bermasalah dengan Lapindo. Jadi ini memang strategi yang sangat cerdas dengan mengunci semua simpul yang bisa menurunkan popularitasnya.

Jika SBY tidak mungkin lagi berkiprah pada 2014 karena mungkin kuatnya penolakan untuk mengamandemen UUD terutama yang terkait masa jabatan presiden, maka bisa jadi pula hal kemudian bisa dilimpahkan bagi keuntungan karier politik kedua putranya.

“Yah kalau diri sendiri tidak bisa, paling tidak hal itu akan berguna bagi kedua anaknya. SBY tentunya tidak menginginkan ada anak muda yang cerdas dan bersinar berada dalam pemerintahannya saat ini karena jika mereka dimasukkan maka nama mereka tentunya akan sangat popular dan justru kontraproduktif dan berdampak jelek bagi karier politik kedua putranya itu kelak. SBY tentunya menginginkan minimal salah satu putranya dapat mengikuti jejaknya kelak,” tandasnya.

[http://news.okezone.com]

Advertisements

46 Responses

  1. saya rasa Boni Hargens sangat berlebihan dlm berkomentar,manusia seperti ini cendrung melihat orang dr sisi negatifnya karena memang mungkin si boni ini manusianya memiliki sifat dasar atau bawaan lahirnya melihat orang cendrung jelek.dan apa yg diulasnya tentang SBY merupakan cerminan pd dirinya….Kpd Boni Hargens anda kan seorang akademisi seharusnya kritikan anda berbobot lah malu kalau baca komentar anda

  2. Kan SBY udah janji ini yang terakhir kalo dia langgar janji bukan pemimpin yang baik artinya.

  3. udahlah jangan banyak komentar… nikmati dan kita lihat dulu..

    yang penting kita tetap bekerja dan happy.

    seperti di http://www.global3xpress.com

    Penerbitan, design , layout dan percetakan ok

  4. orang ngasih penilaian kok dianggap negatif..apa-2 yg menilai kekurangan SBY dianggap sirik..lha gimana nih negara mo maju kl gak ada check and balancenya,wah makin ancur nih negara kalo semuanya setuju aja gak ada kritik..pada pake kaca mata kuda kali…

  5. SEBUTIR BERLIAN AKAN TETAP BERSINAR WALAU BERADA DALAM KUBANGAN LUMPUR SEKALIPUN……..

    DONT WORRY

    http://3CITI3S.WORDPRESS.COM

  6. waaah bahaya klo gituh ..

  7. ada ti2pan juragan dari Menteri “internet” sapa tau bermanfaat

    http://serbasejarah.wordpress.com/2009/10/23/inilah-situs-porno-yang-akan-di-blokir-bung-tifatul-beranikah/

    hatur tararengkyu 😉

  8. komentar agak berlebihan tp mmng ada benarx klw susunan kabinet skrg cm alan bagi2 kekuasaan aja?gak lbih baik dr yg kmarin

  9. Siapapun presidenya, mau berapa lama dia menjabat,mau seumur hidup juga silakan, asal negara bisa maju dan rakyat hidup makmur sentausa aman tenteram dan damai, arep ngopo maneh.?

    • semua ada dalilnya. terkebelakang atau maju dan makmur ada dalilnya. pemimpin yang baik akan melahirkan kebijakan yang baik. selama mimpin …sudah berapa rumah yang dibakar karena anarkisme; rumah ibadah yang dibakar karena deskriminasi; orang yang dibunuh karena beda keyakinan, rakyat biasa yang ditembaki tentara, tentara aktif menggusur peteran seperti gusur “preman jalanan”…dst. dimana SBY?!

  10. enakan ya tidur..bangun …buat kopi…maen musik…politik EGP ( emang gw pikirin ) lah yow…/ arep mboyak…/sutoh bhsa jawane….

    • LEBIH BAIK SEKARANG KAMU BUAT KUBURANG SEBELUM KAMU MATEK, SEBAB NANTI NDAK ADA YANG MAU NGUBURIN LUW, HABIS KAMU HANYA MIKIRIN DIRI SENDIRI SIH!

  11. Jangan berfikir NEGATIF Bung… Itu sangat bahaya buat dirimu sendiri berfikirlah yang POSITIF… kalo ga kepilih jadi MENTRI mending jadi MANTRI aja Bung biar ga minder Bung…..

  12. tp kabinet nya tetp berbau kental neolib

  13. positive thinking dunk,..
    lihat aja Menteri2 tsb 5 tahun ke depan,.. baru kita bisa bicara

  14. Kalo nunggu lima tahun kelamaan…

    keburu ringsek ni Indonesia… Pembesar terdahulu gak bakal tggl diem klo negeri yang udah diperjuangkan ratusan tahun ini disia-siakan… liat aja nanti….

  15. jika kita ingin SBY (presiden) ingin melakukan seperti yg kita mau, maka lakukan dulu apa yg kita mau, intinya jgn hanya bisa nyuruh orang doank u sendiri bisa gak ngelakukannya,paling tidak kita belajar ngurus rumah tangga dulu,kampung kita,kec. kita,prov.kita,baru negara,kalo ngurus RT aja gak becus gak usah jauh-jauh ke negara deh mending bobok di rumah

  16. gak ikut-ikut ah..

  17. bicara dengan hawa nafsu… boleh saja, tapi biasanya pantulan sisi gelap hatimu..

  18. kasian amat sih komentator komentator disini, amat menyedihkan.

    ini negara rakyat bung! punya rakyat! pemerintah itu hamba sahaya rakyat, bekerja untuk kebaikan rakyat! jadi harus diawasi betul betul dengan teliti dan seksama!

    jangan memuja muja sby berlebihan! malah tindak tanduknya sebagai presiden harus diawasi betul! jangan sampai menyengsarakan rakyat!

    gak usahlah berlagak sok baek, sok suci, sok berprasangka baik. itu gak guna tau!

  19. Buka mata buka hati, lihat banyaknya kejadian bencana di negara ini mungkin bukan pemimpin yang diatas (nasional) bisa jadi pemimpin lainnya yang zhalim (daerah) tapi setiap ada kejadian pasti ada maksud dan peringatan didalamnya

  20. Kalo Anda pesimis… banyaklah berdoa
    Tapi kalo optimis … berbuatlah dan berdoalah..
    We can only plan, God disposes…
    God always understand what is the best for us…
    Karena kita ciptaan-Nya, yang paling dicintai… Amin

  21. kalo saya beranggapan… kenapa yang dipilih SBY adalah ketua/pimpinan parpol kayak PKS, PKB & PPP.

    Ini adalah seperti permainan kartu….. bila yang jadi menteri dari pimpinan parpol tidak becus…. maka dengan mudah dikatakan…. Bagaimana bisa jadi PRESIDEN bila menjadi menteri aja tidak becus bekerja…. apalagi memimpin RAKYAT….

    Bersiaplah… dengan taktik ini….. 100 hari / 3 bulan…. untuk dimaki2x rakyat….

    Maka akan timbul sosok yang utama yaitu SBY sebagai Pahlawan…hehehe….. bukan begitu ????

  22. segala kemungkinan yg pengamat “boni” bisa terjadi. will see “orde baru cara baru” ini, bnr2 realita

  23. jangan bikin provokasi ditengah ketidakpastian hukum ini. saya dulu golput tapi skrg harus dukung sby, kalo tdk bangsa ini akan terpecah bealh sikut2an terus.

    • justru pada pemerintahan SBY lah kekacauan horisontal dan deskriminatif dihidupkan. lihat pernyataan medagri yang barusan..! buka mata, buka hati,. buka pikiran ..mas..!

  24. yang penting bagaimana kita memenuhi kebutuhan sendiri..dengan cara kita sendiri…

    kakean aksi….kbeh

  25. Dari pada kita saling menyalahkan lebih baik kita saling mendukung demi kemajuan negara kita Indonesia. Negara kita tidak akan pernah maju bila kita saling menjatuhkan atau menyalahkan org lain. Mari kita bersatu dan berjuang demi kepentingan Negara bukan karna kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu, dengan demikian barulah kita bisa memikirkan masa depan bangsa kita. Kalau kita akan terus menyalahkan atau menjatuhkan saingan atau kelompok tertentu mungkin yang ada di pikiran kita hanyalah bagaimana cara untuk menjatuhkannya dan bukan bagaimana caranya agar rakyat kita hidup sejahtera dan negara Indonesia menjadi negara yg maju seperti negara2 lainnya. Thank’s before, semoga bermanfaat.

    • ITU JUGA KEMAUAN SEMUA ORANG. TAPI KALAU PEMIMPINNYA SUDAH MEMIHAK SATU GOLONGAN, APA KAMU AKAN ONGKANG-ONGKANG KAKI SAJA MBAH JHANSEN?!

  26. Jgn cuma bisa ngeritik, membangun negara itu tidak semudah membalikkan telapak tangan sdr2..hargai dan hormati perjuangan pemimpin kita, kalo kita ga pernah bisa menghargai pemimpin kita negara kita gaka maju, kasih semangat n kritik yg membangun buat pemimpin kita bkn menjatuhkan n merendahkan, kpn negara mau maju??org indonesia ini jago sekali kritik n komentar (NATO)..i ♥ SBY

  27. Pada bego ya smua? Kalo lu org mau kaya gitu,lu org aja ngurusin indonesia? Mang bisa? Sok hebat amat!
    Mang lu org pendidikannya bagus? Lebih pinter dr sby? Buktiin donk!jangan cuma komentar aja bung!

  28. memang hal tersebut terlalu berlebihan, tapi beberapa ada benarnya juga maka hal terbaik yang musti di lakukan seorang pemimpin yang baik adalah mengintrospeksi diri/ berbenah diri karena bagaimanapun kritik harus di terima dan di ambil hikmahnya, berbenah diri juga demi kebaikan bangsa kita supaya kita menjadi bangsa yang semakin maju dan terdepan.

  29. kita tunggu saja kinerja beliau saat ini…mudah-mudahan rakyat mendapatkan yang terbaik di masa kepemimpinan beliau yang kedua

  30. busyet dah nh pengamat….ada2 aj bkin resah!!! simpan di wc tuh pengamatan lw, penghianat si Boni Hargens ! senang lw lihat negeri ini ribut mlulu!

    • CUYA-CUYA, KAMU NIH KAN KERJAANNYA HANYA MAIN KARTU, NONGKRONG DI WR KOPI , KOK NGOMENTARI ILMUAN UI, DOSEN LAGI. LIHAT DIRI DOANG APA YANG DILAKUKAN!

  31. Tunggu aja 2014 … lihat deh hasilnya, kalo Masih Berdiri Mengangkang, Kita turun kejalan” Gitu aja kok repot …

    Negara ini bukan kerajaan atau dinasti, kalo nga becus ngurus rakyat, seret ke bawah … MERDEKA ! BERES !

  32. tdak ada gunanya,kt mengkritk SBY,lebh baex kt mengkritik diri sendiri,urus RT aja blm becus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: