Pantas Saja Harga Tokek Bisa Selangit!


tokekDengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan besar, seorang pemuda bernama Firdaus (21) dalam satu tahun terakhir telah menggeluti bisnis jual beli binatang yang kabarnya dapat menyembuhkan HIV/AIDS itu.

“Saya sudah 1 tahun bisnis tokek. Awalnya saya kenal sama seseorang bernama Mat Nur, lalu kita diskusi bagaimana caranya dapat duit banyak. Terus saya dengar tokek harganya mahal, ya udah sejak itu saya cari tokek dan saya jual-beliin deh,” kata Firdaus di kediamannya di Kawasan Cipete Selatan, Jakarta.

Untuk memelihara tokek-tokek itu, Firdaus mengaku tidak pernah mengalami kesulitan. Pasalnya, memelihara tokek, menurutnya, tidaklah sulit. Selain itu, ongkos makan juga tidak mahal. “Ternak tokek sebenarnya gampang. Satu minggu kita cuma kasih dia makan jangkrik seharga Rp 5.000 sebanyak dua kali. Artinya satu tokek seminggu biaya makannya Rp 10.000,” katanya.

Jumlah tokek yang dimiliki Firdaus saat ini delapan ekor. Dari delapan tokek yang dimilikinya, berat maksimal adalah 2 ons, sedangkan yang paling ringan 1 ons. Meski telah 1 tahun berbisnis tokek, Firdaus mengaku belum pernah merasakan menjual tokek dengan harga yang fantastis. Harga tertinggi yang pernah didapatkan hanya Rp 2 juta. Ini karena tokek yang dimilikinya hanya memiliki berat maksimal 2 ons.

“Susah cari tokek yang besar. Tokek besar banyaknya di daerah, kalau di Jakarta jarang. Paling ada kecil-kecil,” katanya. Harga tokek bervariasi. Sementara itu, mengenai harga jual tokek di pasaran, menurut pria bujang ini, tergantung berat tokek itu sendiri. Semakin besar atau berat tokek, harganya makin mahal.

“Kalau tokek ukuran 1 ons di pasaran bawah (bukan harga dari eksportir) Rp 100.000, kalau tokek 1,5 ons Rp 200.000, tokek ukuran 2 ons Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Tokek 2,5 ons harganya antara Rp 5 juta dan Rp 30 juta,” paparnya.

Menurutnya, harga tokek mulai beranjak tinggi jika memiliki berat di atas 3 ons. Harga tokek dengan berat 3 ons sendiri, menurutnya, memiliki harga dari Rp 30 juta hingga Rp 100 juta-an, sedangkan tokek dengan berat 3,5 sampai 4 ons biasa dihargai dengan Rp 100 juga hingga Rp 800 juta. “Harganya bervariasi karena tiap bos beda harganya,” ujarnya.

Binatang sensitif

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, tokek merupakan jenis binatang yang cukup sensitif. Reptil yang masuk golongan cicak besar, suku Gekkonidae, ini gampang stres.

“Kalau dibawa pindah dari satu tempat ke tempat lain akan kelihatan. Pernah teman saya bawa dari Padang ke Jakarta buat dijual. Dari Padang beratnya 7 ons. Eh pas sampai Jakarta beratnya turun jadi 2 ons. Ternyata pas ditanya ke orang yang ngerti, itu gara-gara stres. Malah yang lebih parah lagi, teman saya bawa (tokek) dari Tanah Abang (Jakarta Pusat) ke Pasar Minggu. Eh pas sampai tujuan tokeknya mati. Akhirnya gagal dijual,” ungkapnya.

Menurut Firdaus, tokek adalah binatang yang sejak dulu dikenal dapat menjadi obat. Daging tokek, menurutnya, dipercaya banyak orang merupakan obat gatal. Begitu juga dengan darah dan empedu tokek.

“Konon, empedu tokek yang sudah jadi kristal bisa jadi obat apa aja. Itu biasanya kalau tokeknya sudah 4 ons beratnya. Terus, tokek juga katanya bisa jadi obat HIV/AIDS, tapi enggak tahu apanya. Ada yang bilang darahnya, dagingnya, lidahnya,” ujarnya.[kompas.com]

22 Responses

  1. tokek oh tokek makin marak aja…
    apakah ini cuma permainan belaka?/ seperti ikan louhan…. seperti taneman2 mahal kmrn tu… skrng sudah tidak laku lg…

  2. Dijual tokek 5 ekor berat bervariasi harga 7,5 jt bg yg berminat hub via sms 085797004058

  3. iya emang betul,,,tetangga desaku,,,kemarin2 udah ada yang cair,,,nyampe,,,150,juta lho,,,kira,,berat 3 ons,,

  4. Anda punya tokek minimal 3 ons, susah jualnya /mau cari harga tinggi . Kami siap membantu anda untuk menjualkannya peminat serius hub.081317913852

  5. sy punya 2 ekor tokke,yg satu beratx sktr 2,5 dan yang satunya lagi 1,5.kedua ekor tokke tersebut saya tangkap dalam satu lubang kayu.apa bener harganya tokke selangit kalo beratnya mencapai 3 ons???

  6. itu beneran ta??
    truz kalo mw jual, haruz kjkt??

  7. jual tokek milik pribadi warna bintik2 merah 17 ekor berat variasi 0,5-1,5 ons.harga nego hub.08125385585 yang serius segera survey ditmpt.

  8. saya punya tokek beratnya 2,6 kg bagi siapa yang berminat hubungi 085650831204 serius bisa disurvei

  9. saya punya tokek berat 0,5 – kira2 1 ons, bnyk 20 lebih
    berminat hubungi 081934871829

  10. saya punya tokek brt nya 2,9 2.7,…klo yang brt nya 2.5 ad 6 ekor…berani beli brp….?

  11. kemarin di bilang tetangga ada yang mw 150 jt. . .mantap ga kan? dan ya allah. . .dibayar ma orang cina tunai. . . .berat 3.8 0nz. . . .makanya lagi pengen ternak tokek. tapi haram ga y?

  12. apa mau beli tokke???2 ons sebanyak 5 ekor…klo berminat hubungi 081350643004

  13. aku punya tokek 2 ons Up 10 ekor kira2 harganya berapa /ekornya hub. di 0852 5959 5959, 081259559559 ato email di omegacell_kdr@yahoo.com

  14. Spa yg mu bli toke rumah dgn panjang 30 cm lbh..dg ekor yg udah brbrs 7 bundrn spa yg minat hubungi saya via email.

  15. saya amat berminat membeli tokek.kalo ada tokek di mana kecuali di jawa timur,surabaya saya endak mahu.kerana banyak penipuan orang luar jangan mahu ditawarin dan jangan terpedaya bila

  16. tokek di jawa timur memang banyak tapi kecil.kalo yg ukuran lebih dari 40cm memang tidak ada.saya juga pernah di bohongi.dan berhati2 bila berurusan dengan calok jawa timur.duit habis bergitu saja.memang penipunya terlalu kuat.

  17. di surabaya juga dong hati2 banyak magic nya.

  18. Saya juga pnya tokek..kira2 brat.y kurang lbih 3ons…
    Ada yg minat..
    Hub: 081353316011

  19. cari saja dipolman atau sulawesi barat banyak q disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: