Sekarang ijazah bisa untuk jaminan kredit


INDONESIA-KALLA/Mahasiswa atau pun pemuda yang ingin terjun ke dunia usaha kerap kesulitan mendapatkan kredit untuk berusaha. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan agar ijazah bisa digunakan mahasiswa sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit perbankan.

Usulan Wapres itu dilontarkan saat menerima jajaran pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di kantornya di Jakarta. ”Saran Wapres, cobalah HIPMI untuk memperjuangkan bagaimana jaminan untuk kredit mahasiswa, jaminannya bisa ijazah,” ungkap Ketua Umum HIPMI, Erwin Aksa, usai diterima Wapres di Jakarta, Jumat (31/7).

HIPMI sangat tertarik dengan usulan Wapres itu. Erwin berjanji akan mengkaji usulan itu dan memasukkan kembali konsepnya kepada pemerintah. Kredit dengan jaminan ijazah ini bisa diberikan untuk pengusaha-pengusaha pemula. ”Beliau sangat mendukung pengusaha pemula,” katanya.

Menurut Erwin, usulan ini bisa diselaraskan dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah dijalankan pemerintah. Dengan agunan ijazah, mahasiswa yang baru lulus bisa mendapatkan pinjaman sekitar lima sampai 10 juta. Caranya, KUR dimodifikasi dengan syarat yang lebih mudah. ”Kalau bisa dipermudah dengan jaminan ijazah, bisa menambah volume calon pengusaha,” imbuhnya.

Bagi masyarakat Indonesia, jelas Erwin, ijazah sangat berarti. Dia yakin mahasiswa tak akan mengemplang kredit ini karena risikonya cukup besar. Bila Ijazah disita oleh bank maka mahasiswa yang bersangkutan bisa kesulitan untuk mencari kerja di tempat lain lantaran tak mempunyai ijazah lagi. ”Ijazah sangat berarti bagi mahasiswa,” tegasnya.

Erwin menyebutkan KUR yang telah disalurkan sekitar Rp 20 triliun. Dengan alokasi kredit sebesar itu, dia memperkirakan pengusaha yang bisa terserap sekitar tiga juta orang. Menurutnya, banyak usaha yang bisa dilakukan mahasiswa seperti usaha motor ojek, taksi, warung, warnet, atau menjual voucher telepon seluler.

”Kendalanya biasanya pengusaha pemula ingin bisnis yang langsung besar, miliaran dan tak mau kotor-kotor. Maunya berusaha di ruang ber-AC. Ini tugas HIPMI untuk membuka wawasan mereka,” jelasnya. (republika)

Advertisements

9 Responses

  1. bagus banget tuh,, saya sekarang lagi butuh banget tambahan modal tuk usaha,,, maklum baru lulus kuliah bingung nyari pinjaman uang tuk perbesar usaha.heheee. thank so muchhhh

  2. saya ingin sekali mendapatkan pinjaman tersebut. t’rus dimana saya bisa mendapatkan pinjaman tersebut di kota makassar dan persyatatannya apa

  3. Wah…………………… bagus banget tuch. btw dimana saya bisa dapatakan

  4. apa sampe sekarang masih bisa mendapat pinjaman dengan agunan ijazah? saya butuh bgt tuk memulai usaha minyak nilam, dimana cara tuk mendapatkan dan persyaratannya apa aja?

  5. syaratnya apa aja ya??? n ajuin pinjamannya dimana??
    karena saya tanya di bank2 tidak ada yang tau

  6. wew… keren…

  7. syaratnya apa aja ya??? n ajuin pinjamannya dimana?? saya berminat tolong hubungi saya di nomer02141520719

  8. selamat malam perkenalkan nama saya mulia ikrar sidi
    dengan ini saya ingin mengajuhkan dana pinjaman dengan jaminan ijazah smk apakah bisa
    yang saat ini saya sedang membutuhkan dana secepatnya untuk keperluan keberangkatan kerja saya untuk bekerja di kapal kebangsaan scotlandia dengan kontrak 2 tahun dan dengan penghasilan 9-15 juta rupiah perbulan di satu perusahaan pelayaran di bekasi jalan patriot jati sari blok du 5 PT ABI MARINE PERSADA
    dan saya berangkat pada bulan december
    apabila ajuhan saya di terima harap hubungi ke nomor pribadi saya
    +6281280177860
    sebelumnya terima kasih banyak

  9. syaratnya ap ajah.? truz di mana sy bisa mendapatkan pinjaman tesebut di kota makassar. Sy sangat butuh untuk biaya pendidikan. Kalau ada tolong hubungi saya . No. HP 085398928568

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: