Kelola Penghasilan Anda


moneycountPernahkan Anda tiba-tiba dihadapkan dengan kenyataan ketika Anda sedang membutuhkan uang untuk suatu keperluan, ternyata saldo tabungan Anda defisit, sementara menunggu gajian masih lama? Atau pernahkah Anda merasa bahwa seringkali transfer gaji hanya sekedar transit saja di rekening Anda? Padahal bisa dibilang gaji yang Anda terima nominalnya cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Lalu kemana habisnya semua uang gaji itu?

Orang yang tahu bahwa menabung mempunyai dampak positif pasti sudah terbiasa menyisihkan uang gaji mereka, mereka tahu untuk mendapatkan masa depan yang lebih terjamin,tabungan sangatlah diperlukan!

Namun seringkali banyak orang merasa kesulitan menyisihkan penghasilan mereka,menyisihkan penghasilan bukan lagi sebagai bagian gaya hidup yang mudah,menyisihkan penghasilan sulit dilakukan tanpa adanya komitmen yang kuat.

Ditambah lagi dengan biaya hidup saat ini,menyisihkan penghasilan seperti sudah hilang dari kebiasaan hidup banyak orang.

Berikut ini tips sederhana untuk mensiasati dan mengelola penghasilan anda:

1. Sisihkan beberapa % gaji.
Tabunglah beberapa persen dari penghasilan anda sebelum menggunakannya untuk membeli berbagai macam kebutuhan.

2. Membayar tunai.
Jika mampu membayar tunai jangan menggunakan kartu kredit, banyak orang mengandalkan kartu kredit karena merasa nyaman sehingga mereka tidak sadar sampai pada akhirnya jadi bingung karena dikejar hutang cicilan kartu kredit.

3. Kurangi pinjaman dan cicilan.
Seperti halnya personal loan,kartu kredit,dsb,jika Anda mempunyai kartu kredit usahakan jangan lebih dari satu itupun pilih dengan tingkat bunga rendah dan pergunakan secara bijak hanya untuk keperluan mendesak saja.

4. Ketahui apa kebutuhan anda.
Pangkas dan batasi pengeluaran anda, jangan membeli atau tunda untuk membeli sesuatu yang belum atau tidak anda perlukan,jangan potong pengeluaran untuk hal-hal yang memang anda butuhkan bersikaplah realistis.

Ingat! diatas adalah hal-hal mendasar dalam mengelola penghasilan anda, perlu komitmen yang kuat untuk melaksanakannya.

Semoga bermanfaat..

Advertisements

One Response

  1. keren sekali tipsnya, terimakasih sudah share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: