6 Tips Menarik Pembaca Blog Anda


pembaca-media-onlineBerikut ini adalah teknik terbaik yang bisa Anda terapkan untuk menemukan pembaca bagi blog Anda.Tips ini secara khusus ditujukan bagi blogger yang nyaris belum memiliki pembaca sama sekali dan ingin mendapatkan banyak pembaca bagi blognya.

Artikel ini diringkas dari sumbernya : entrepreneurs-journey.com by yaro starak

1. Tulislah sedikitnya 5 artikel pilar utama. Artikel pilar biasanya adalah artikel tutorial yang dimaksudkan untuk mengajarkan sesuatu kepada pembaca blog Anda.Secara umum, artikel pilar biasanya memiliki banyak tips-tips atau saran-saran praktis.Artikel yang sedang Anda baca saat ini bisa dianggap sebagai artikel pilar karena ia bersifat sangat praktis dan merupakan tulisan bergaya “how-to” yang bagus. Artikel seperti ini memiliki daya tarik jangka panjang,tetap aktual (tidak bergantung pada waktu atau nilai berita) dan menawarkan nilai manfaat yang tinggi. Semakin banyak artikel pilar di blog Anda, akan semakin baik.

2. Anda tidak harus menulis satu posting artikel setiap hari selamanya, kecuali jika blog anda masih baru semakin banyak konten yang anda tulis semakin baik.Ketika Anda telah mencapai tahap traksi,Anda tetap harus menjaga konten yang segar,namun pembaca setia Anda akan lebih memaklumi jika Anda mengurangi frekwensi posting Anda menjadi hanya beberapa posting setiap minggunya.

3. Gunakan nama domain yang benar agar orang lain lebih mudah menyebarkan informasi tentang blog Anda, Anda membutuhkan nama blog yang mudah diingat. Orang sering berbicara tentang blog yang mereka suka ketika mereka berbicara dengan teman mereka di dunia nyata (dunia offline) maka Anda harus membuatnya mudah untuk menyebut nama blog dan URL blog Anda.

4. Mulailah memberi komentar/trackback/link di blog lain. Jika Anda memberikan komentar yang bagus dan selalu memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan, maka orang akan tertarik untuk membaca tulisan Anda dan karenanya akan mengunjungi blog Anda. Sebuah trackback juga meninggalkan link sehingga pembaca bisa mengikutinya,ia membuat Anda mendapatkan perhatian dari blogger lain. Blogger lain akan datang dan membaca artikel Anda. Selanjutnya mereka mungkin akan menjadi pembaca setia blog Anda atau setidaknya akan memonitor Anda dan jika Anda beruntung suatu ketika mereka mungkin akan menulis posting artikel yang memberikan link ke blog Anda sehingga akan memberikan lebih banyak pembaca baru ke blog Anda.

5. Dorong pembaca untuk berkomentar di blog Anda. Salah satu cara paling kuat untuk meyakinkan seseorang agar mau menjadi pembaca setia blog Anda adalah dengan menunjukkan bahwa ada pembaca setia lain yang telah membaca blog Anda. Jika mereka melihat orang-orang berkomentar di blog Anda maka mereka akan berpikir bahwa konten Anda pasti bagus karena Anda memiliki pembaca yang banyak. Untuk mendorong komentar, Anda cukup memberikan sebuah pertanyaan di posting artikel Anda. Pastikan juga agar Anda selalu membalas komentar sehingga Anda bisa menjaga agar percakapan di blog Anda terus berlangsung.

6. Daftarkan blog Anda ke BlogTopSites.com, masukan artikel Anda ke EzineArticles.com,atau blog direktori lainnya yang bertebaran di internet, Jujur saja, tips ini tidak akan memberikan ratusan pembaca baru dalam jumlah yang besar,Anda barangkali hanya akan mendapatkan 1-10 pembaca per hari dengan
teknik ini namun dengan berjalannya waktu jumlah tersebut akan berlipat ketika ranking Anda juga meningkat.

Tulislah lebih banyak artikel pilar. Apapun yang Anda lakukan diatas akan membantu Anda untuk menemukan pembaca, namun semua teknik yang disampaikan tersebut hanya akan bekerja dengan baik apabila Anda telah memiliki artikel pilar yang cukup kuat.Tanpa artikel pilar,jika Anda melakukan semua hal diatas Anda mungkin akan mendapatkan pembaca namun mereka tidak akan bertahan lama atau malas untuk kembali. Fokuskan untuk menulis satu artikel pilar yang bagus setiap minggu dan di akhir tahun Anda akan memiliki sebuah database dengan lebih dari 50 artikel pilar yang bagus yang akan bekerja keras demi Anda untuk mendatangkan lebih banyak pembaca.

Selamat mencoba…

Advertisements

2 Responses

  1. Thx
    salam kenal 🙂

  2. artikel pilar gimana nih? Visit balik lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: