Mengapa Orang Gagal dalam Bisnis Online?


FailureBisnis online terdengar sangat mudah dijalankan, banyak orang menganggap, bisnis online di internet itu ’Bisnis cepat kaya’ hal itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar!
Diperkirakan lebih dari 90% pe-bisnis online tidak berhasil menjual satu produk/jasa pun.Sebagaian memang gagal menjalankan bisnis ini, sementara sebagian lainnya telah berusaha sekeras mungkin tapi tidak juga berhasil menjual produk apapun!

Mengapa orang-orang ini gagal membangun bisnis online?

1. Mereka menyepelekan usaha yang harus dikerahkan
Bisnis online kedengarannya sangat mudah, tapi seperti juga bisnis lainnya(offline), bisnis ini juga membutuhkan usaha. Apalagi jika anda berniat menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan anda saat ini atau anda sekedar mengharap penghasilan sampingan yang lumayan, mau full time/part time yang penting adalah komitmen anda menjalankan usaha ini dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras, anda harus mau belajar tidak hanya sekedar berhasil menjual.
Ini berarti anda perlu mempunyai rencana ,memilih produk berkualitas untuk dipromosikan, bersikap selektif, dan yang penting harus berkomitmen melaksanakan segala rencana yg telah disusun, ingat orang yang tidak bersedia berusaha tidak akan bisa sukses dalam bisnis online ini.

2. Mereka tidak menyadari perlu waktu untuk menghasilkan uang
Bisnis online bukanlah ’bisnis cepat kaya’ apalagi jika kita tidak mempunyai produk sendiri dan hanya menjual produk orang lain (Merchant). Jika kita berhasil menjual produk/jasa orang lain(merchant) diperlukan waktu 2 minggu bahkan sampai beberapa bulan sampai merchant memproses pembayaran.
Biasanya orang yang tidak mempunyai sumber penghasilan lain menjadi ragu-ragu, begitu mereka mengetahui tidak langsung menghasilkan uang dari bisnis ini,orang-orang ini seringkali langsung menyerah.

3. Mereka enggan belajar
Bisnis online memerlukan waktu untuk mempelajarinya, karena bisnis online sekarang menjadi bisnis yang sangat menarik dan kompetitif. Anda harus mengerti tentang penjualan online, membuat website dan bagaimana mendatangkan pengunjung ke website anda.Dan tidak kalah pentingnya anda juga harus bersedia belajar tentang cara benar dan salah bagaimana mempromosikan bisnis online anda.
Orang yang tidak belajar mengenai hal ini tidak bisa sukses dalam bisnis online.

4. Mereka tidak terbiasa dengan teknologi internet
Tidak perlu menjadi seorang ahli teknologi untuk bisa’hidup’ dari bisnis online, tapi bagaimanapun anda harus belajar dan mengerti, setidaknya hal-hal yang diperlukan dalam menjalankan bisnis online ini, anda perlu banyak tahu tentang cara membangun website,cara menulis iklan yang baik, cara kerja search engine, agar tidak tergantung jasa orang lain, kalau selalu tergantung orang lain akan membuat pekerjaan online anda tidak efisien.Jika teknologi membuat anda takut mau tidak mau solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mempelajarinya! Pada dasarnya teknologi dibuat untuk memudahkan pekerjaan anda bukan?

5. Mereka suka menunda
Hal yang paling berbahaya yang memicu kegagalan bisnis online adalah tidak melakukan apa-apa! Semua yang anda pelajari akan sia-sia jika anda tidak segera memulai atau sekurangnya ’mencoba’, pada saat mempraktekannya jika anda melakukan kesalahan itu hal biasa, seperti para pebisnis online senior sebelum mereka sukses pastinya juga melakukan banyak kesalahan sebelumnya.
Ada saatnya pe-bisnis online merasa frustasi karena belum saja berhasil, banyak hal yang sangat menyakitkan untuk bisa mencapai sukses.
Apa yang membuat mereka bertahan?
Mimpi, mereka percaya kalau terus meminta dan ’keras kepala’ dibarengi usaha Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk anda!

Advertisements

2 Responses

  1. ni ada info baru bwt loe-loe semua, karena w lagi kebanjiran rupiah demi rupiah

  2. bagus… bagus…
    satu sisi pembahasan yang tidak pernah dilakukan oleh para pelaku bisnis. biasanya mereka hanya bercerita tentang keberhasilan dan keberhasilan saja. untuk memotivasi memang bagus, namun adakalanya kita harus jujur tentang effort yang harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: