Sikap dan Tantangan


challengeTeringat kisah yang cukup menarik, yakni Imam Sholat di Masjid Al Haram Makkah (lupa namanya, mungkin diantara anda ada yang tahu nama orangnya), dikisahkan bahwa dia adalah orang buta tapi mampu menghafal ribuan ayat suci Alqur’an dan Hadits. Karya dan fatwanya banyak tersebar dimana-mana dan diikuti banyak orang islam. Ini adalah suatu prestasi yang luar biasa. Anda juga pasti pernah mendengar kisah Perdana Menteri Inggris sewaktu Perang Dunia II Winston Churchill, yang begitu heroiknya memimpin rakyatnya berperang melawan Nazi Jerman. Ternyata dia adalah orang cacat fisiknya. Anda pasti tahu tentang Hellen Keller seorang wanita yang mampu menjadi inspirasi dunia, juga cacat fisiknya.

Apa yang bisa diambil hikmahnya dari pergelaran sejarah itu? Dengan kekurangan yang mereka miliki, ternyata mereka mampu berprestasi dan berbuat banyak. Mereka bisa, karena yakin mereka mampu berbuat. Saya, anda dan semua orang yang ada didunia ini tidak ada yang sempurna, pasti punya kekurangan, minimal satu. Justru dengan ketidaksempurnaan inilah roda dunia bisa berputar. Dengan ketidaksempurnaan inilah muncul berbagai Ilmu dan pengetahuan, muncul pemerintahan, muncul ekonomi, muncul politik, muncul kedokteran dan masih banyak lagi. Inilah keagungan Tuhan. Kekurangan yang ada justru harus menjadi cambuk untuk maju dan maju. Anggaplah kekurangan itu sebagai tantangan bukan dalih. Kalau anda anggap kekurangan sebagai dalih maka anda tidak akan maju, anda akan terus menyesali kekurangan yang ada.

Jangan takut berfikir, jangan takut bermimpi, dan jangan takut bertindak karena perbedaan orang sukses dengan bukan orang sukses terletak pada berani berfikir atau tidak, berani bermimpi atau tidak dan berani bertindak atau tidak.

Renungan
Berfikirlah yang jauh, bermimpilah yang tinggi, tetapkan batas kemampuan seluas mungkin. Bila orang menetapkan batasan tentang apa yang akan dilakukannya, maka sejauh itu pula apa yang bisa dilakukannya.

Hari ini saya akan memikirkan kembali diri saya, “siapa saya? Dan kemana saya akan menuju?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: