WordPress vs Blogger, kira-kira pilih mana?


blogger vs wordpressBagi orang-orang yang ingin menetapkan pilihan sebelum memulai ngeblog adalah apakah akan menggunakan blogger atau wordpress? Keduanya mempunyai kriteria yg sama yaitu blog yang paling banyak diminati saat ini,dan yang pastinya ada yang versi Gratis :D, Saya tidak akan memberikan solusi kepada yang bertanya-tanya, tapi pilihan tetap ada pada anda..kalo saya suka dua-duannya karena keduanya punya keunikan masing-masing.

Kelebihan dan kekurangan adalah relatif,keduanya sama-sama mudah digunakan, berikut sekedar sebagai gambarannya sebelum anda mulai membuat sebuah blog:

1. WordPress.com mendukung kategori untuk mempermudah cakupan topik, blogger.com tidak.(sebetulnya bisa tapi perlu sedikit usaha)

2. Jika Anda ingin melakukan banyak eksperimen dengan template Anda, blogger.com memberikan akses langsung ke template Anda memalui edit elemen halaman, tidak banyak dg WordPress.com.

3. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman dg menambahkan kode javascript & html karena blogger dan adsense adalah milik google, sedangkan WordPress tidak mensupport Google Adsense, kecuali mempunyai domain & hosting sendiri/versi yang berbayar.

4. WordPress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger(Blogspot) sebaliknya Blogger tidak bisa mengimport postingan yang ada di WordPress.

5. Blogger menyediakan menu Drag-Drop yang mudah untuk digunakan, sedangkan WordPress sulit Drag Drop edit element halaman.

6. Jika Anda telah mempunyai domain dan hosting sendiri,software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel Anda. Sedangkan Blogger tidak menyediakan. Tetapi Anda juga bisa menggunakan domain dan hosting pada Blogger dg cara meng-upgrade-nya ke versi berbayar.

7. Keduanya mempunyai/tersedia template(theme)namun secara jumlah wordpress lebih banyak pilihan.

8. WordPress menyediakan plug-in statistic untuk melihat performance blog anda. Sedang Blogger tidak menyediakan fitur ini,hal ini bukan hal yang menyulitkan buat anda karena di internet banyak bertebaran jasa web statistik secara gratis.

9. dst…

Selain yang disebutkan di atas, pastinya masih banyak sisi-sisi lain dari blogger dan wordpress. Silahkan jika ada yang mau menambahkan dan kasih komentar seputar blog ? Atau mungkin sharing tentang pengalaman blogging-nya selama ini? Bagi yang belum punya blog, selamat mencoba 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: